My Facebook

Novi Saluntara's Facebook profile

Rabu, 25 Mei 2011

Khasiat Brokoli

Waduh, blog-ku yang satu ini udah berdebu sekali.... hampir berlumut malah... duh maafkeun, jarang ditengok niy... sibuk di Dapur mulu siy, hihiihi....

Mau sedikit cerita... Sekitar beberapa hari yang lalu, mungkin sekitar 2 minggu yang lalu, saat menjemput mama di kantor, papa krishna cerita kalo tadi siang katanya sakit dada.... cenat cenut kaya ditusuk2 pisau sekitar 15 menitan lah.... lalu tadi sore juga tapi udah ga begitu sakit dan cuma bentaran, sekitar 5 menitan.... kenapa papa ga bilang dari tadi siang siiiiiiiiiiii..... kalo ada apa2 gimana coba???? blablablabla....... denger beritanya mama langsung panik, heboh sendiri.... waduh harus bertindak niy, gimana kalo ada apa2 sama papa, haduuuuuuu, belom siap, ga berani mikirinnya....

Kenapa bisa sakit ya, emang makanan apa yang udah dikonsumsi yang bisa bikin sakit dada seperti itu..... Hmmmm.... Makanan pagi sampe sore aman.... Jangan2 makanan semalam niy.... Minced Beef Terriyaki with Mushroom & Sweet Corn. Lagian papa siy, itu semangkok gede daging cincang dimakan sendiri sampe habis, haduuuuuuu...... Maksud mama, mama nuang daging cincang itu ke mangkok besar karena untuk difoto buat posting di blog DapurMamaKrishna. Bukan berarti harus papa habiskan semua sendiri... Kan bisa dimakan berdua, ditambah nasi, ga harus dihabiskan juga, bisa diangetin buat besok pagi kaaannnn.... Lah begitu kelar moto2... Mama tinggal ke dapur buat beres2 bekas masak daging cincang, bikin zupa soup sama bolu kukus, begitu balik ke meja makan, tau2 dah abis aja itu daging cincang semangkok besar, hadoooooohhh.... *geleng2 kepala* Terang aja tadi siang sakit dada.... Pasti gara2 semangkok besar daging cincang itu deh

Sepanjang jalan itu saya berfikir keras what to do niy..... Mana sebelumnya kita pernah teskolesterol *instant siy*.. Kalo papa kolesterolnya dah tinggi boooo 221... ckckckckck... musti mengurangi protein hewani... makanan berbau2 kolesterol.... Pernah baca si di Koki Detik, kalo untuk menurunkan kadar kolesterol minum arang, cuma ko ya belom berani, hiihhii.... syeremmmm booooo.... hiiiii.... ya warnanya, ya rasanyaa....
Cari alternatif lain dulu lah.... Cari punya cari, nemu brokoli niy atau nama latinnya Brassica oleracea varitalica......


Kandungan Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang terkenal akan kandungan zat anti kankernya.
Nilai gizi yang terkandung dalam 1 mangkuk brokoli kukus (156 gram):

Kalori 43.68 kal
Protein 4.66 g
Asam Lemak Omega-3 0.20 g
Karbohidrat 8.19 g
Lemak 0.55 g
Kalsium 74.72 mg
Potassium (Kalium) 505.44 mg
Fosfor 102.80 mg
Besi 1.37 mg
Zinc (Zn) 0.62 mg
Magnesium 39.00 mg
Vitamin A 228.07 RE
Vitamin B1 (Thiamin) 0.09 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0.18 mg
Vitamin B6 (pyrodoxin) 0.22 mg
Vitamin B3 (Niasin) 0.94 mg
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0.79 mg
Vitamin B9 (Folat) 93.91 mcg
Vitamin C 123.40 mg
Vitamin E 0.75 mg
Vitamin K 155.20 mg
Serat 4.68 g
Mangan 0.34 mg
Triptofan 0.05 g

Brokoli adalah sayuran rendah kalori serta mengandung kadar vitamin C yang tinggi, bahkan lebih tinggi daripada kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Kadar vitamin C yang tinggi ini akan mempermudah tubuh dalam menyerap zat besi.

Kandungan serat dalam brokoli sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada serat yang terkandung dalam roti gandum.

Brokoli juga mengandung folat. Sebagaimana kita ketahui folat adalah vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Kandungan kalsium dalam brokoli setara dengan kandungan kalsium dalam segelas susu (71.8 mg kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu)

Kandungan vitamin K dalam brokoli sangat penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah. Brokoli juga mengandung karoten dan lutein


Khasiat Brokoli

1. Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus untuk melawan dan mencegah kanker. Zat anti kanker yang terkandung di dalamnya yaitu indoles, sulforaphane ( zat ini akan membentuk enzim yang mampu melawan kanker, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, and tekanan darah tinggi), Isothiocyanate, glukosinolate, ditihiolthione, dan beta karoten.

Khasiat sayuran brokoli dalam melawan kanker ternyata tidak hanya mampu mencegah perkembangan tumor sebanyak 60 %, tetapi juga mampu mengecilkan ukuran tumor yang sudah ada sebanyak 75%.

Indole dapat meningkatkan ekskresi estrogen yang diikat pada kanker payudara sehingga brokoli bisa mencegah timbulnya kanker payudara dan kanker rahim. Indole juga memiliki efek antiproliferatif yang potensial potensial di dalam sel kanker prostat.

Sulforaphane merupakan zat yang dapat menaikkan enzim detoksifikasi di dalam tubuh, sehingga berpotensi menghilangkan zat-zat karsinogenik lebih cepat. Sulforaphane juga dapat melindungi gen-gen yang rentan terkena penyakit kanker kolon. Efek dari senyawa ini akan mengecilkan tumor, memperlambat pertumbuhan tumor, dan lebih banyak membunuh sel-sel tumor.

2. Brokoli juga mampu menormalkan kadar gula dalam darah. Brokoli dapat juga dimanfaatkan sebagai pengganti nasi oleh penderita kencing manis, karena brokoli merupakan sumber karbohidrat dengan jumlah kalori yang lebih rendah daripada nasi.

3. Brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian di Amerika menemukan bahwa sayur brokoli mengandung serat pektin tertentu yaitu kalsium pektat yang mampu mengikat asam empedu, akibatnya lebih banyak kolesterol yang tertahan di hati dan sedikit kolesterol yang dilepaskan ke aliran darah. Efektifitas sayuran ini dalam menurunkan kadar kolesterol jahat ternyata sama dengan obat penurun koleterol.

4. Brokoli mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

5. Brokoli juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya gangguan jantung, stroke, berbagai jenis kanker yaitu kolon, prostat, paru, kandung kemih, payudara, rahim, leher rahim (serviks), esophagus, laring.

6. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan. Mengonsumsi antioksidan dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menjaga tetap awet muda, menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai infeksi.

7. Serat yang terkandung dalam brokoli dapat dimanfaatkan dalam mencegah sembelit dan gangguan pencernaan.

8. Brokoli dapat meningkatkan PH yang terlalu asam dalam tubuh, sehingga akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan menjadi elastik dan otot menjadi lentur, tulang menjadi lebih kuat. Ini berguna untuk proses peremajaan kulit dan tubuh karena menghasilkan elastisitas dan susunan tubuh yang lebih baik.

9. Mengonsumsi brokoli secara teratur dalam makanan sehari-hari juga dapat membantu kecerdasan, karena brokoli memperlancar aliran asam amino ke otak.

10. Brokoli mampu melindungi mata dan penglihatan Anda, mengurangi resiko timbulnya katarak.


Cara Pengolahan Brokoli

Sebelum diolah brokoli harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dengan air dingin, tapi jangan direndam. Karena merendam brokoli dapat menghilangkan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Agar vitamin yang terkandung dalam brokoli tidak hilang sebaiknya dalam pengolahannya brokoli dimasak sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit.

Merebus brokoli akan menghilangkan berbagai nutrisi penting di dalamnya, yaitu 50 % folat dalam brokoli akan hilang.

Mengolah brokoli dengan cara dikukus jauh lebih baik untuk tetap mempertahankan manfaat positif dan khasiat dari sayuran ini. Namun jika Anda tetap ingin memasak brokoli dengan cara direbus, gunakanlah air dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, dan rebuslah brokoli dalam panci tertutup agar tidak banyak vitamin yang terbuang lewat uap yang keluar selama proses perebusan.


Cara Penyimpanan & Memilih Brokoli

Brokoli terkadang memang tidak tahan lama. Sebaiknya brokoli disimpan dalam wadah yang kedap udara lalu dimasukkan ke dalam lemari es. Jangan menyuci brokoli pada saat akan disimpan. Sayuran memang selayaknya dimakan sesegera mungkin untuk tetap mempertahankan kesegaran dan nutrisinya.

Untuk mendapatkan segala kandungan gizi yang baik dalam brokoli, pilihlah brokoli yang tidak berbau, dan tangkainya masih padat (tidak lembek). Jangan pilih brokoli yang kuntumnya (bagian atasnya) terbuka dan berwarna kuning/kekuningan karena multikhasiat brokoli justru terdapat di dalam warna hijaunya. Bagian kuntum brokoli memiliki kandungan beta karoten 8 kali lebih banyak daripada bagian batangnya.

Nah teman2 yuks mari kita konsumsi brokoliii ^_^

Senin, 31 Januari 2011

1 Habit Failed T_T

Hiks.....
1 Point Habit to be created gagal di hari ketiga, uhuhuhuh....
Hari pertama yaitu jumat malam bikin TCCC cake resepnya teh Uceu
Hari sabtu paginya masak Martabak Omelet Kornet, hueheuhue, masak dadakan dengan bahan seadanya... Laper banget, baru tidur jam 5 kurang, bangun2 ga ada bahan buat dimasak, ke pasar dulu kemalaan, ya udah akhirnya masak dengan bahan yang ada. Setidaknya ga masakan instant banget hahahhaha.... Ini juga asal campur aja bahan2nya, ga pernah bikin sebelumnya, dan ternyata lumayan lah hasilnya, bisa dimakan... yang bikin enak kayaknya kornetnya deh.... wahahahhaha.....

Jumat, 28 Januari 2011

#Misi21 - My Mission for better personality


Terinspirasi dari postingnya Leni dengan #Misi21: 21 Hari untuk Menjadi Lebih Baik
Saya kemudian memutuskan untuk ikut misi ini.

Apa sih #Misi21 itu??
Menurut Leni, Misi21 ini suatu tantangan yang diinisiasi oleh seorang carrer coach terkenal @ReneCC. Jadi Misi21 ini merupakan suatu tantangan terhadap diri kita sendiri untuk menciptakan suatu habit agar kita bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
Dengan membiasakan diri melakukan sesuatu hal/sikap/perbuatan, maka sesuatu itu akan menjadi habit kita.

Senin, 15 November 2010

Kereta oh kereta...

Lagi-lagi Gangguan Sinyal....
Kenapa ya sering banget mengalami gangguan sinyal. Bete surete, bikin senewen dan keder. Padahal KRL Commuter Depok-Tanah Abang dan Depok-Jakarta jadi transportasi andalan saya tiap pagi kalo ga berangkat kerja bareng suami. Si KRL ini juga sekarang jadi andalan saya setiap hari pulang kerja semenjak suami memutuskan untuk melanjutkan kuliah. Bahkan kalo jalan-jalan juga saya prefer naek kereta daripada naik bis. selain ga mengalami macet juga ga kepanasan banget kalo naek kereta. Tapi kenapa ya lately si KRL ini selalu mengalami gangguan sinyal. Dan sering banget deh area yang mengalami gangguan sinyal tuh antara UI - Pasming. Ada aja alasannya, yang cuma gangguan sinyal lah, yang ada pohon tumbang lah, yang ada orang kesetrum lah, duh .....

Kamis, 28 Oktober 2010

Halo Tante Mas Bro :p #PB2010

Semalam saya mampir ke epicentrum walk, mencari-cari para panitia PB2010. Lah begitu sampe disono saya bingung ketemuannya dimananya ya... ga liat ada kumpulan, gerombolan orang2 lagi kumpul2 niy. Di teras epicentrum walk ga ada, di pinggir jalan ga ada, di samping kali juga ga ada...

Tanya punya tanya sama mas2 receptionist, eh saya dianter ke ruang oval, woloh itu ruangan masih under construction ya bow...ckckckkc....
Tp ko disana ga ada orang, hanya ada beberapa kayu tergeletak pasrah tak berdaya, bongkahan2 entah apa itu teronggok ga jelas disitu....
Si mas2nya nanya2 sama satpam yang kebetulan ada disitu, katanya mungkin ke gedung MORE. woloh, apa pula itu, ternyata itu istilah buat Gedung Marketing Office, oloh2 aya2 wae istilahna... ckckckck.... Katanya si mas2 itu, tuh ged. more posisinya ada disebelah bakrie tower dan gedungnya kaya UFO. Hemmmm... berkerut2lah jidat ane, selain istilah yang aneh bentuk bangunan pun aneh, hihihihihi....